payday loans
Mar
3

Negara Amerika Dibangun Dari Emas Papua

Dikirim oleh agul di kategori Bisnis, Ekonomi, Politik

Oleh: Subhan Hassannoesi
Aktivis Dakwah Papua yang juga anggota Majelis Muslim Papua (MMP)

Freeport adalah pertambangan emas terbesar di dunia! Namun termurah dalam biaya operasionalnya. Sebagian kebesaran dan kemegahan Amerika sekarang ini adalah hasil perampokan resmi mereka atas gunung emas di Papua tersebut. Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negeri ini, para jenderal dan juga para politisi busuk, yang bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini. Mereka ini tidak lebih baik daripada seekor lintah!

Baca selengkapnya… »


Oct
10

Lantaran Reruntuhan Wall Street Menimpa Main Street

Dikirim oleh agul di kategori Bisnis, Ekonomi

(Krisis Kredit Perumahan / Subprime Mortgage di Amerika Serikat)

Oleh Dahlan Iskan

Seberapa besarkah krisis keuangan di Amerika itu sehingga negara tersebut sampai harus ”musyrik” dari agama kapitalisme dengan cara menyuntikkan dana negara USD 700 miliar? Bahkan sampai mau menelan ludah sendiri dengan cara melakukan ”nasionalisasi”?

Memang sangat serius. Apalagi kalau kita menyaksikan siaran televisi CNN, CNBC, atau Bloomberg. Kalutnya bukan main. Bahkan belum diketahui pasti besarnya kerugian yang harus dihadapi. Ada pengamat yang sampai mengistilahkan bahwa AS seperti sedang menghadapi perjudian sebesar USD 60 triliun. Tentu ada juga yang hanya menghitung semua kehebohan itu menyangkut USD 5 triliun. Pokoknya sangat besar, untuk ukuran AS sekalipun.

Baca selengkapnya… »


Oct
10

Kalau Langit Masih Kurang Tinggi

Dikirim oleh agul di kategori Bisnis, Ekonomi

(Krisis Kredit Perumahan / Subprime Mortgage di Amerika Serikat)

Oleh: Dahlan Iskan

Meski saya bukan ekonom, banyak pembaca tetap minta saya ”menceritakan” secara awam mengenai hebatnya krisis keuangan di AS saat ini. Seperti juga, banyak pembaca tetap bertanya tentang sakit liver, meski mereka tahu saya bukan dokter. Saya coba:
Semua perusahaan yang sudah go public lebih dituntut untuk terus berkembang di semua sektor. Terutama labanya. Kalau bisa, laba sebuah perusahaan publik terus meningkat sampai 20 persen setiap tahun. Soal caranya bagaimana, itu urusan kiat para CEO dan direkturnya.

Pemilik perusahaan itu (para pemilik saham) biasanya sudah tidak mau tahu lagi apa dan bagaimana perusahaan tersebut dijalankan. Yang mereka mau tahu adalah dua hal yang terpenting saja: harga sahamnya harus terus naik dan labanya harus terus meningkat.

Baca selengkapnya… »


Sep
15

Lentera Jiwa

Dikirim oleh agul di kategori Ekonomi, Inspirasi

Oleh Kick Andy

Banyak yang bertanya mengapa saya mengundurkan diri sebagai pemimpin redaksi Metro TV. Memang sulit bagi saya untuk meyakinkan setiap orang yang bertanya bahwa saya keluar bukan karena ‘pecah kongsi’ dengan Surya Paloh, bukan karena sedang marah atau bukan dalam situasi yang tidak menyenangkan. Mungkin terasa aneh pada posisi yang tinggi, dengan ‘power’ yang luar biasa sebagai pimpinan sebuah stasiun televisi berita, tiba-tiba saya mengundurkan diri.

Dalam perjalanan hidup dan karir, dua kali saya mengambil keputusan sulit. Pertama, ketika saya tamat STM. Saya tidak mengambil peluang beasiswa ke IKIP Padang. Saya lebih memilih untuk melanjutkan ke Sekolah Tinggi Publisistik di Jakarta walau harus menanggung sendiri beban uang kuliah. Kedua, ya itu tadi, ketika saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari Metro TV.

Baca selengkapnya… »


Sep
3

Bisnis itu permainan, bukan Ilmu Pengetahuan

Dikirim oleh agul di kategori Bisnis, Ekonomi, Inspirasi

Uang BisnisSelama kita merasa belum familiar dan takut memulai bisnis, biasanya yang timbul di pikiran kita adalah: “belajar!”. Pilihannya mungkin dengan jalan mengambil program S2 dan jadi seorang MBA, atau ikut sebanyak-banyaknya seminar dan pelatihan, atau bisa juga dengan berguru dan mengabdi pada seorang begawan bisnis.

Kira-kira, sudah selaraskah alur pemikiran yang sedemikian dengan apa yang terjadi pada kenyataannya? Mari kita telaah.

Kebanyakan dari kita berbisnis karena ingin sukses, lalu menjadi kaya raya. Kita membayangkan, betapa enak dan hebatnya bila kita dapat sesukses dan sekaya Bill Gates atau Donald Trump. Menurut pandangan masyarakat pada umumnya, mereka itulah orang-orang sukses yang sebenar-benarnya. Merekalah sosok-sosok pebisnis yang prestasinya membuat banyak orang terobsesi.

Maka tidak heran jika para pakar pun berusaha menyadap dan mempelajari segala hal yang ada pada orang-orang sukses itu, dengan harapan dapat mentransfer nilai-nilai kesuksesannya kepada orang-orang lain yang juga ingin menjadi figur sukses. Mereka berpendapat bahwa: “Leaders are made, not born”.

Baca selengkapnya… »


Jul
2

Ada Apa Dengan Minyak Dunia?

Dikirim oleh agul di kategori Ekonomi, Misteri, Politik

Dollar OilSekedar untuk bertukar informasi tentang seputar dunia perminyakan dunia yang saat ini sedang mengalami gonjang ganjing. Lalu timbul pertanyaan: “Kenapa persoalaan energy minyak dunia ini sulit dipegang dan dikendalikan? Apakah karena sifatnya yang licin yang bisa membuat orang jatuh tergelincir jika tidak hati-hati dengannya. Di sini akan coba diungkap akan sebuah informasi rahasia di balik itu semua yang secara faktual belum pernah beredar ditengah masyarakat dunia. Kenapa hal ini penting dibuka ke publik, karena rahasia ini merupkan faktor kunci mengapa kenaikan harga minyak dunia yang terus meroket belakangan ini yang tentunya sangat berimplikasi buruk kepada perekonomian negara dunia.

Baca selengkapnya… »


Jun
27

Jakarta, Indonesia – what are ‘they’ doing to you!

Dikirim oleh agul di kategori Ekonomi, Inspirasi, Politik

Jakartaby Andre Vitchek

Today, high-rises dot the skyline, hundreds of thousands of vehicles belch fumes on congested traffic arteries and super-malls have become the cultural centers of gravity in Jakarta, the fourth largest city in the world. In between towering super-structures, humble kampongs house the majority of the city dwellers, who often have no access to basic sanitation, running water or waste management.

Pada saat ini, gedung pencakar langit, jalanan macet dipadati oleh ratusan ribu kendaraan, dan mal-mal raksasa telah menjadi pusat kebudayaan Jakarta, yang notabene merupakan kota terbesar ke-4 di dunia. Terjepit diantara gedung tinggi, terhampar perkampungan dimana bermukim sebagian besar penduduk Jakarta yang tidak memiliki akses sanitasi dasar, air bersih atau pengelolaan limbah.

Jakarta TrafficWhile almost all major capitals in the Southeast Asian region are investing heavily in public transportation, parks, playgrounds, sidewalks and cultural institutions like museums, concert halls and convention centers, Jakarta remains brutally and determinately ‘pro-market’ profit-driven and openly indifferent to the plight of a majority of its citizens who are poor.

Disaat hampir semua kota-kota utama lain di Asia Tenggara menginvestasikan dana besar-besaran untuk transportasi publik, taman kota, taman bermain, trotoar besar, dan lembaga kebudayaan seperti museum, gedung konser, dan pusat pameran, Jakarta tumbuh secara BRUTAL dengan berpihak hanya pada PEMILIK MODAL dan TIDAK PEDULI akan nasib mayoritas penduduknya yang MISKIN.

Baca selengkapnya… »


Mar
23

Temasek dan Skenario Neoliberalisme di Indonesia

Dikirim oleh agul di kategori Ekonomi, Politik

Oleh : Ramlan Nugraha

Konspirasi ExxonMobile

Dalam sebuah buku berjudul “The Case Against the Global Economic (2001)” yang ditulis oleh T. Clarke, seorang ekonom barat, perekonomian dunia saat ini, khususnya di bidang perdagangan di dominasi oleh perusahaan dari Amerika Serikat. Lebih lanjut dia menulis, perusahaan tersebut berbentuk Trans National Coorporate (TNC) dan Multi National Corporation (MNC).

Sesuai dengan namanya, TNC/MNC adalah perusahaan yang ruang lingkup usahanya melintasi batas antar negara. T. Clarke juga mengatakan bahwa sekitar 500 TNC/MNC yang berasal dari berbagai negara, saat ini mengontrol 70 % perdagangan dunia. Dari jumlah TNC/MNC tersebut, perusahaan dari Amerika Serikat menempati jumlah terbanyak dengan menempatkan 185 TNC/MNC atau 37 % dari jumlah keseluruhan.

Awal 2006, ExxonMobile, sebuah Multi National Corporation (MNC) dari Amerika Serikat ditunjuk oleh pemerintah sebagai operator Blok Cepu, sebuah kawasan kaya minyak di Jawa Tengah. Tidak tanggung-tanggung, penunjukan ExxonMobile sebagai operator Blok Cepu tersebut berlangsung sampai 30 tahun ke depan !.

Pada waktu itu, seharusnya pemerintahan SBY-Kalla bisa berpikir rasional dalam mengeluarkan kebijakannya. Apalagi kalau melihat kondisi saat ini, dimana harga minyak dunia semakin membumbung tinggi, sehingga menyebabkan instabilitas ekonomi di negeri ini. Bahkan menurut kajian Bank Indonesia (Republika, 20/11/07), dampak dari peningkatan harga minyak dunia saat ini bisa menyebabkan potensi penekanan ketahanan keuangan Indonesia pada 2008. Sungguh sayang, Blok Cepu yang menurut para ahli memiliki cadangan gas bumi sebesar 11 trilyun kaki kubik dan cadangan minyak bumi sebesar 2,6 milyar barrel terus dikeruk kekayaannya oleh pihak asing.

Baca selengkapnya… »


Mar
23

Temasek – penguasa perusahaan strategis di Indonesia

Dikirim oleh agul di kategori Ekonomi, Politik

Tahukah anda bahwa beberapa perusahaan besar di Indonesia adalah milik Singapura? Sebut saja:

  • Astra Internasional
  • Indosat
  • Telkomsel
  • Bank Internasional Indonesia (BII)
  • Bank Danamon
  • Bank Permata
  • Dsb

Mungkin ada tidak percaya tapi begitulah kondisinya. Sebagai seorang anak bangsa, saya merasa semakin prihatin…

Pekatnya Bau Temasek di Astra
Tulisan berikut adalah laporan wartawan majalah TRUST: Hardy R. Hermawan, Julianto, dan Windarto

DI INDONESIA, Temasek selalu mendapatkan yang terbaik. Gergasi Singapura itu sukses mengantongi bank terbaik dalam aspek teknologi dan kartu kredit, Bank Internasional Indonesia (BII). Ada juga Bank Danamon yang andal dalam pembiayaan consumer dan ritel. Di sektor telekomunikasi, Temasek punya Telkomsel dan Indosat yang jika pangsa selulernya digabung mencapai lebih dari 60%. Di bisnis agro, Temasek menggandeng Eka Tjipta Widjaja, pemilik Grup Sinarmas, membentuk usaha perkebunan sawit.

Baca selengkapnya… »