payday loans
Apr
29

Pelupa atau Pemaaf

Dikirim oleh agul di kategori Inspirasi, Politik, Sejarah

Oleh Walton C. Lee

Dinasti Han Timur (25-220M)

Untuk merenggut kekuasaan yang absolut, seorang tuan atau raja yang ambisius akan membesar-besarkan perselisihan sepele dengan pemerintah kerajaan sebagai alasan untuk pergi perang, dan sesudah kemenangan beberapa pertempuran, ia menggantikan kaisar yang lemah. Untuk memperkuat usahanya ini, tuan yang berkhianat itu bersahabat dengan menteri-menteri yang ambisius yang bekerja di istana kekaisaran, dan mendapatkan bocoran informasi dari mereka. Untuk mengamankan posisi mereka sendiri di kemudian hari, menteri-menteri yang ambisius ini akan bekerja sama dengan tuan yang haus kekuasaan. Tetapi jika pemberontakan itu gagal, banyak pejabat tingkat tinggi yang mengabdi kepada sang kaisar akan ditawan dan dihukum penggal akibat ketidaksetiaan mereka. Sebuah kisah yang serupa terjadi di awal abad pertama.
Baca selengkapnya… »


Sep
29

Kesalahan Prediksi yang Terkenal

Dikirim oleh agul di kategori Hiburan, Sejarah

Prediksi tidak akan selalu terbukti. Bahkan prediksi yang dilakukan oleh para ahlinya.

Berikut ini kesalahan prediksi yang terkenal karena diprediksi oleh para ahli dan orang-orang ternama:

Secara teori, televisi mungkin layak, tapi saya pertimbangkan itu sebagai suatu yang tidak mungkin — sebuah pengembangan yang membuang-buang waktu.
(Lee De Forest, 1926, penemu dari tabung sinar katoda)
Catatan: TV saat ini telah ada hampir di tiap rumah.

Saya rasa ada pasar di dunia untuk sekitar lima komputer.
(Thomas J. Watson, 1943, Ketua Dewan IBM)
Catatan: Saat ini, sejumlah komputer itu hanya dapat dipakai untuk warnet kecil saja.

Apapun yang ia lakukan, ia tidak akan pernah mencapai apa-apa.
(Guru Albert Einstein kepada ayahnya, 1895)
Catatan: Sebagaimana kita tahu, Albert Einstein adalah penemu teori Relativitas yang terkenal.

Butuh waktu bertahun-tahun, bukan pada masa saya, sebelum seorang perempuan akan menjadi Perdana Menteri.
(Margaret Thatcher, 1974)
Catatan: Margaret Thatcher adalah Mantan Perdana Menteri Perempuan Inggris

Baca selengkapnya… »


Jan
2

Perselingkuhan Zionisme dengan Imperialisme Barat

Dikirim oleh agul di kategori Agama, Politik, Sejarah

oleh Adian Husaini, M.A

Salah satu masalah pelik yang dihadapi dunia internasional saat ini adalah masalah Palestina dan Israel. Mahathir Muhammad, mantan perdana menteri Malaysia, pernah menyatakan bahwa Palestina adalah kunci peradaban dunia. Negara Israel saat ini adalah buah dari perjuangan idiologi yang disebut sebagai “Zionisme”. Sukses Zionisme adalah buah persekutuan–lebih tepat disebut sebagai perselingkuhan–antara kaum Zionisme Yahudi dengan imperialisme Barat. Zionisme bisa dikatakan satu idiologi sekular yang sangat dramatis dan sukses mencapai tujuannya pada abad ke-20. Berangkat dari rumusan sederhana terhadap kondisi riil fenomena “anti-semitism” (lebih tepat: Anti-Jews) di Eropa. Idiologi ini disusun dengan sasaran jelas: membentuk sebuah negara Yahudi. Dalam tempo 50 tahun sejak Kongres Zionis pertama, tahun 1897, negara Yahudi–yang diberi nama Israel–itu berdiri pada 14 Mei 1948.

Dalam pandangan Yahudi, istilah Zionisme dinisbahkan kepada sebuah bukit bernama Zion di Jerusalem. Istilah itu kemudian identik dengan Jerusalem itu sendiri. Bagi Yahudi, istilah Zion memang mengandung makna religius, dan memiliki akar sejarah yang panjang. Di sinilah nanti terlihat bagaimana lihainya kaum Zionis yang sebenarnya sekular menggunakan istilah “Zionisme” untuk menamai gerakan mereka, sehingga mampu menarik banyak dukungan orang Yahudi.

Baca selengkapnya… »


Oct
26

Sumpah Pemuda di Era Globalisasi

Dikirim oleh agul di kategori Budaya, Politik, Sejarah

Joko: Ndro, tau gak loe tanggal 28 Oktober tuh diperingati sebagai hari apa?

Hendro: Mene ketehe’. Tergantung harinya lah, minggu ato senen. Emangnya tanggal segitu hari apa?

Joko: Wah parah loe…Tanggal 28 Oktober tuh Hari Sumpah Pemuda. Gitu aja kagak tau loe. You suck, man!

Hendro: Sumpe loe?!?

Joko: It’s not Sumpe Loe, but Sumpah Pemuda!

Terlepas dari benar-benar terjadi atau tidaknya percakapan di atas, tapi itulah gambaran kasar percakapan generasi Milenium kita, meski nama mereka lebih mencerminkan nama-nama generasi X. Pertanyaannya memang bisa jadi, “Apakah Sumpah Pemuda masih relevan di era globalisasi sekarang ini?”. Saat ini bahasa Inggris sudah seperti Bic Mac dkk (hamburger) yang yang dulunya dianggap makanan mewah namun sekarang sudah hampir sekelas bakso urat. Atau malah lebih enak bakso urat ketimbang burger-burger bermacam nama yang bahkan sudah dijual di pinggir jalan itu. Begitu juga bahasa Inggris, meski masih mahal untuk ikut kursusnya, tapi kemampuan berbahasa Inggris bukan lagi hal yang menakjubkan dibanding beberapa dekade ke belakang.

Baca selengkapnya… »


Jun
24

Pantaskah Tanggal 22 Juni Dianggap Sebagai Hari Kelahiran Jakarta?

Dikirim oleh agul di kategori Budaya, Politik, Sejarah

MonasSeperti yang kita tau, banyak sekali sejarah negeri ini yang telah diputarbalikan oleh segelintir kelompok hanya untuk memuaskan kepentingan kelompoknya sendiri, salah satu contohnya adalah momen hari kebangkitan nasional, dimana sebagian kalangan Islam dengan mengungkapkan fakta berusaha untuk meluruskan hal tersebut.

Kini menyambut kelahiran kota Jakarta, kita juga wajib mempertanyakan keabsahan dari tanggal 22 Juni sebagai hari kelahiran Jakarta dan juga harus mempertanyakan peran Fatahillah yang katanya berjasa besar dengan proses kelahiran Jakarta dan Dakwah Islam di Jakarta.

Baca selengkapnya… »


May
24

Peradaban Prasejarah yang Musnah

Dikirim oleh agul di kategori Agama, Misteri, Sejarah

Perahu NuhKalangan akademisi modern telah menemukan dalam perjalanan sejarah geologi pernah terjadi beberapa kali kepunahan, dan nyaris memusnahkan segala makhluk hidup. Banyak sekali pembuktian secara langsung tentang perubahan bencana bumi yang berkala. Dilihat dari bukti yang telah ditemukan, bahwa peradaban manusia prasejarah pernah mengalami kepunahan karena berbagai macam perubahan alam dan bencana, seperti gempa bumi, banjir, gunung berapi, tabrakan benda angkasa (termasuk meteorit dan komet), pergerakan naik turun lempeng daratan, perubahan cuaca yang tiba-tiba, dsb.

Sebagai contoh kasus, Atlantis pernah menjadi sebuah daratan yang memiliki peradaban tinggi manusia, namun tenggelam ke dasar lautan dalam sebuah bencana gempa bumi yang dahsyat pada 11.600 tahun silam. Hal itu membentuk sebuah zona di laut China selatan sekarang, laut di daerah ini sangat dangkal, kedalamannya rata-rata hanya 60 meter lebih. Hanya puncak gunung tertinggi di daratan waktu itu yang tersisa di atas permukaan laut, yaitu yang sekarang terletak di negeri kita, Indonesia.

Begitu pula di kedalaman 200 meter bawah laut pesisir pantai Peru, ilmuwan menemukan pilar batu yang dipahat dan bangunan yang mahabesar. Di dasar lautan Atlantik yang berada di sisi luar berhasil diambil 8 gambar dasar laut. Melalui gambar-gambar ini secara jelas tampak sebuah tembok benteng zaman purbakala dan undakan batu. Diperkirakan tenggelam pada 10.000 tahun silam. Di belahan barat perairan segitiga Bermuda juga ditemukan sebuah piramida raksasa yang diperkirakan berumur puluhan ribu tahun.

Baca selengkapnya… »


May
24

Momentum Kebangkitan Nasional yang Memalukan!

Dikirim oleh agul di kategori Agama, Politik, Sejarah

SoetomoDi berbagai media, di tengah kesulitan hidup yang kian melilit rakyat, di tengah kemiskinan yang kian menjadi, di tengah keputus-asaan rakyat banyak yang kian membuncah, di tengah himpitan kemelaratan, di tengah pesta korupsi dan mark-up anggaran negara (baca: uang rakyat) yang dilakukan para pejabat negara, memasuki bulan Mei 2008 bangsa ini dicekoki dengan ‘Momentum 1 Abad Kebangkitan Nasional’. Hal ini tentunya dikaitkan dengan berdirinya organisasi Boedhi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.KH. Samanhudi

Jika salah satu syair dari Taufiq Ismail berjudul “Malu Aku Jadi Orang Indonesia’, maka sekarang ini judul syair tersebut bertambah relevan. Betapa memalukannya sebuah bangsa yang katanya besar ternyata masih saja salah menetapkan tonggak kebangkitannya sendiri. Dan parahnya, hal ini ternyata didukung oleh tokoh-tokoh dan partai Islam yang seharusnya menjadi agen pencerahan bangsa.

Misal salah satunya, sebuah partai politik Islam besar akhir April 2008 lalu memasang sebuah iklan hitam putih seperempat halaman di sebuah harian ternama nasional. Dalam iklan tersebut, partai ini dengan tanpa malu memuat ‘Momentum 1 Abad Kebangkitan Nasional: Harapan Itu Masih Ada”. Disadari atau tidak, iklan ini telah ikut meracuni pemikiran generasi muda bangsa dengan ikut-ikutan latah menyiarkan kedustaan dan kesalahan yang fatal. Padahal partai ini kebanyakan diisi oleh orang-orang muda yang katanya intelek. Namun kenyataan yang terjadi sungguh memalukan!

Baca selengkapnya… »


May
24

Jejak Sejarah (Zionis) Yahudi di Indonesia

Dikirim oleh agul di kategori Agama, Politik, Sejarah

VOC-DavidSEJAK gerakan zionis internasional Freemasonry didirikan di Inggris tahun 1717, orang Yahudi lebih suka menyelubungi aktivitas mereka dengan selimut perkumpulan teosofi yang bertujuan “kemanusiaan”. Pengumpulan danadipusatkan di New York. Sejak 17 November 1875, pimpinannya adalah seorang Yahudi di Rusia, Nyonya Blavatsky.

Jurnal The Theosofist, yang diterbitkan di New York, pada terbitan tahun 1881 menyiarkan kabar bahwa Blavatsky mengutus Baron van Tengnagel untuk mendirikan loge, rumah ibadat kaum rijmetselarij/Freemasonry di Pekalongan.
Kota ini dipilih karena sejak 1868 berubah status dari desa menjadi kota, di samping dikenal sebagai kosentrasi santri di Jawa Tengah. Loge didirikan tahun 1883, tetapi tidak berkembang karena reaksi keras masyarakat berhubung praktek ritualisme mereka, yaitu memanggil arwah. Karena itu, penduduk menyebut loge sebagai gedong setan.

Baca selengkapnya… »