payday loans
Aug
29

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Dikirim oleh agul di kategori Agama, Kesehatan

PuasaJika berpuasa dilakukan secara benar, ternyata berbagai jenis penyakit dapat dikendalikan. Misalnya diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, maag hingga kegemukan. Puasa berarti mengistirahatkan saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Dengan berpuasa organ vital ini dapat istirahat selama 14 jam.

Puasa akan mengaktifkan system pengendalian kadar gula darah. Apabila kadar gula darah turun, maka cadangan gula dalam bentuk glicogen yang ada di hati mulai digunakan. Penderita yang menderita penyakit hati yang berat, seperti sirosis hati sangat tidak dianjurkan. Karena beresiko penurunan gula darah, akibatnya cadangan glikogen hati sangat berkurang. Puasa juga merupakan kesempatan menurunkan berat badan bagi yang gemuk, dengan cara tidak makan berlebihan pada waktu buka, sehabis buka dan sewaktu sahur. Kadar lemak darah, kolesterol dan trigliserida bisa berkurang karena tingkat konsumsi makanan gorengan dan bersantan berkurang.

Bagi yang hipertensi, tekanan darah dapat turun, jika selama berbuka hingga sahur tidak makan makanan yang asin-asin dan tidak lupa minum obat hipertensi pada waktu sahur. Pada penderita diabetes ( terutama yang gemuk ) dengan berpuasa gula darah lebih terkontrol. Tidak semua penderita diabetes mellitus atau kencing manis aman untuk menjalankan puasa. Yang aman adalah penderita diabetes yang kadar gulanya kurang dari 200 mg/dl, dan mendapat pengobatan bentuk tablet yang diminum. Jika mendapat suntikan insulin, dosis harus kurang dari 40 unit/hari dengan 1 x suntikan per hari.

Para penderita sakit maag atau gastritis yang ringan boleh puasa, kadang-kadang keluahannya berkurang. Bila berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum berpuasa.

Sebaiknya kurangi kegiatan-kegiatan yang kurang perlu. Waktu tidur malam jangan dikurangi. Usahakan untuk bisa tidur setelah makan sahur, walaupun hanya sebenar sangat membantu usahakan tetap olahraga agar peredaran darah tetap lancar dan kebugaran tubuh terjaga. Lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki, naik sepeda, dan lain-lain. Jangan sampai mengeluarkan keringat terlalu banyak. Waktu olahraga yang baik adalah menjelang buka puasa.

Cara makan yang benar

  1. Makanlah secara teratur untuk buka puasa dan sahur dengan menu seimbang. Cukup serat dari sayuran untuk memperlancar buang air besar.
  2. Minumlah air putih sebanyak 7 – 8 gelas sehari. 3 gelas waktu sahur dan 5 gelas waktu buka puasa.
  3. Makanan lengkap : nasi / pengganti nasi, ayam/daging/ikan, tahu/tempe, sayuran dan buah.
  4. Setelah tarawih makanlah camilan roti atau buah
  5. Hidangan sahur seperti buka puasa namun porsinya dikecilkan
  6. Minumlah susu saat habis sahur

Kiat perawatan mulut selama puasa

  1. Sikat gigi sebaik-baiknya pada saat setelah sahur dan buka puasa. Dengan tujuan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang potensial menimbulkan bau mulut pada saat berpuasa.
  2. Sikat lidah. Di atas lidah terdapat bakteri-bakteri dan sisa-sisa makanan yang potensial menyebabkan bau mulut. Jangan lupa menyikat lidah bagian atas dan belakang lidah
  3. Kumur dengan larutan garam. Larutan ini berguna untuk menjaga keasaman mulut menjadi tidak kondusif untuk perkembangan bakteri. Ambil segelas air hangat, tambahkan sesendok the garam. Aduk rata kemudian kumur dengan larutan ini.
  4. Pilih sayur dan buah sewaktu berbuka dan makan sahur. Utamakan untuk makan sayur dan buah waktu berbuka, jangan terlalu banyak mengkonsusi makanan manis.
  5. Minumlah 2 liter sehari.

Mudah-mudahan artikel ini sangat bermanfaat bagi teman-teman yang akan menjalani ibadah puasa. Biarlah ibadah puasa yang akan dijalani ini menambah sehat dan semangat bagi kita semua.
“Selamat menjalani ibadah puasa, tetap sehat dan bersemangat serta sukses selalu !”

Dipetik dari “Senior” oleh Ketty Sunarto / Medical – Promotive & Preventive

Sumber: Irsal Murad

« «
» »


Ada 3 komentar:

  1. Komentar hanin pada September 1st, 2008 at 10:49

    Minum 3 gelas air putih waktu sahur udah aku praktekin tuh. Hasilnya, bolak-balik pee … 🙂

  2. Komentar milky pada Desember 20th, 2008 at 12:59

    puasa emang bermanfaat banget aku da praktekin sejak aku kuliah diUnesa Lidah Wetan (As-Syarifah_nama asramaku)

  3. Komentar MR HONG pada September 5th, 2009 at 13:00

    kalau puasa memberi dampak yang baik bagi kesehatan aku sich setuju sekalee,karna memang saat alat pencernaan kita tidak bekerja otomatis kan istirahat dulu ,nah selesai itu baru deh kerja lagi…

Komentari

Komentar Anda: